Perubahan hal yang biasa didalam dunia saat ini khususnya yang berhubungan dengan digitalisasi. Perubahan dunia industri juga terjadi besar-besarnya dengan penggunaan komputer, software dan mesin -mesin otomatis. Banyak industri yang gulung tikar atau berganti produk.Dunia jasa menjadi semakin mudah, misalnya lembaga survai, bisa melakukan semuanya lebih cepat, lebih luas keseluruh dunia, dengan bantuan internet dan email

 

Kini dengan komputer, mesin ketik tinggal sejarah. Kalkulator, radio, tape, vcd,dvd,

bahkan televisi dan banyak hal lain, sedikit demi sedikit mulai tergantikan hanya dengan satu buah komputer.

 

Fenomenal memang, dan kini perubahan yang sudah terlihat didepan mata yaitu mobilitas. Semua device / perangkat elektronik perkantoran dan rumah akan bermigrasi kedalam genggaman setiap orang. Penemuaan IPv.6 dan WiMax mendorong generasi ke 4 (4G) dari teknologi komunikasi dan informasi akan segera jadi kebutuhan, yang mau tidak mau juga memaksa produsen – produsen peralatan elektronik dan komunikasi

bermigrasi kesatu jalur yang sama yaitu penggunaan jalur IP,jalurnya komunikasi komputer.

 

Jika kita kembali ke masa lalu, saat dimana orang tua kita dulu belum punya perbendaharaan kata untuk ketombe, pensil masih diakui sebagai media yang sah untuk melakukan transaksi perbankan. Sekarang ini dimana Ketombe sudah dianggap benalu yang sangat merugikan, tanda tangan diatas materai dengan pulpen dan para saksi juga sudah dianggap berlebihan dan merepotkan.

 

Dibanyak negara sekarang ini, mekanisme password bertingkat sudah diakui sebagai tandatangan yang sah digunakan untuk perbankan, yang notabene paling strict dalam dunia perekonomian saat ini.

DiIndonesia juga sudah mengadopsi transaksi melalui telpon dengan bukti rekaman percakapan.

 

Menilik dari kisah – kisah diatas, perubahan paling cepat yang terjadi dan berefek kesemua orang ialah perubahan secara environment. Perubahan yang terjadi dilingkungan memaksa timbulnya budaya baru yang diakui sebagai sebuah hal yang biasa dan menstimulasi otak orang memang begitu seharusnya.

 

Contoh kecil misalnya pada abad 17 Nicolas-Joseph Cugnot (penemu kendaraan tenaga uap pertama)  mengendarai mobil pertamanya diantara pengendara kuda, saat itu Cugnot dianggap melakukan suatu hal yang aneh dan tidak lumrah. Bayangkan jika saat ini anda ikut terjebak macet diatas kuda?

 

Contoh lain, apa kata dunia andaikan saat ini, ada seorang konsultan akan mempresentasikan proposalnya dengan menggunakan plastik transparansi dan OHP (Overhead Projector)

Kedepannya barangkali kita bisa berjabat tangan dengan hologram mitra bisnis yang sedang berada dibelahan bumi yang berbeda. Atau bertemu disebuah cafe sambil mencorat-coret selembar kertas tipis yang tidak pernah penuh.

 

Tanpa kita sadari sebenarnya perubahan terjadi setiap hari. Perubahan itu biasa kita alami bahkan menjadi budaya baru. Pertanyaan kenapa perubahan itu menjadi terlihat mudah, tanpa ada perselisihan dan adu jotos. Jawabannya karena perubahan – perubahan ini terjadi melalui lingkungan, bukan dipaksakan melalui manusianya.

 

Salam

 

Said Syahputra