Setelah empat tahun bekerja, saya rasa Anda akan menyadari bahwa:

Anda akan bekerja tidak efektif bila anda merencanakan lembur selepas jam kerja atau berencana lembur pada hari sabtu.

Anda akan bekerja sangat efektif bila besok pagi anda merencanakan untuk cuti dan berlibur ke Bali. Anda akan berusaha sekuat tenaga untuk menyelesaikan pekerjaan agar dapat menikmati liburan dengan tenang.

Anda akan terjebak pada pekerjaan-pekerjaan kurang penting atau pekerjaan orang lain bila pada pagi hari anda datang ke kantor tanpa rencana daftar pekerjaan yang akan diselesaikan.

Anda akan menghabiskan waktu seharian untuk menyelesaikan review 4 BPR (Batch Production Record), dan anda juga hanya membutuhkan waktu satu hari untuk menyelesaikan review 8 BPR. Tanpa anda sadari kecepatan kerja anda akan menyesuaikan dengan jumlah pekerjaan.

Anda akan selalu menemukan kesalahan dan memperbaiki SOP (Standard Operating Procedure) yang sedang anda kerjakan, bila anda tidak memiliki batas waktu yang jelas untuk menyelesaikan sebuah SOP.

Anda memiliki wewenang yang jauh lebih luas dari yang anda bayangkan bila anda berani menjajaki. Jangan pernah berharap atasan anda akan mendeskripsikan secara jelas wewenang yang anda miliki.

Anda harus secepatnya “memberi pelajaran” pada bawahan anda yang lebih suka berhubungan langsung dengan atasan anda dalam mengambil keputusan. Kecuali anda ingin kehilangan kendali atas pekerjaan yang menjadi tanggung jawab anda.

Anda harus belajar lagi untuk menjadi supervisor bila anda terpaksa harus terjun langsung mengerjakan pekerjaan penting karena anak buah anda sibuk dengan pekerjaan tidak penting.

Anda akan kehilangan antusiasme seluruh anggota tim anda, bila anda membiarkan seorang anggota tim bekerja seenaknya.

Anda harus intropeksi diri bila anda tidak bisa mengambil cuti panjang karena tak seorang pun asisten anda yang mampu menggantikan pekerjaan anda.

Meeting mungkin sekedar pemborosan waktu bila pada akhir meeting anda tidak menunjuk personil yang bertanggung jawab terhadap pelaksanaan hasil meeting dan menentukan batas waktu penyelesaiannya (NL).